--> Skip to main content

Unsur-Unsur Dalam Menulis Feature

UNSUR-UNSUR FEATURE Lalu unsur-unsur apa saja yang perlu diperhatikan dalam menulis feature? Secara umum, unsur-unsur itu mencakup: Kreativitas: Tak seperti penulisan berita biasa, penulisan feature memungkinkan sang penulis menciptakan sebuah cerita. Cerita disini dalam pengertian “news-story”. Tapi ia masih diikat etika bahwa tulisan harus akurat.
Karangan fiktif dan khayalan tidak boleh. Subyektifitas: Feature dapat ditulis dalam dalam bentuk”aku”. Tapi bentuk ini sangat jarang diterapkan wartawan, kecuali wartawan petualang seperti Gerson Poyk. Wartawan baru dianjurkan menghindari bentuk ini karena bisa terjerumus untuk menonjolkan diri. Informatif: Feature bisa memberikan informasi kepada masyarakat mengenai situasi atau aspek kehidupan yang mungkin diabaikan dalam penulisan berita biasa. Misalnya, anda menulis tentang pelestarian hutan, feature bahaya merokok yang sarat informasi bagi pembaca. Menghibur: Feature merupakan variasi dari berita rutin. Tulisan ringan tentang cara polisi melatih anjing pelacak, cara guru sekolah di daerah terisolir mendidik murid-muridnya bisa memberikan hiburan selingan. Feature bisa juga berkisah tentang peristiwa yang lucu. (majalah Time pernah menulis feature lucu tentang suami Sharon Stone yang dipatok (digigit?))biawak di sebuah kebun binatang di AS. Poin empat ini sebenarnya merupakan “roh” feature, yang sering dirumuskan sebagai unsur human enterest. Panjangnya: Bisa hanya 200 kata bisa 20000 kata. (ini bukan esensi sebuah tulisan). MAKALAH PELATIHAN LPJA
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar