--> Skip to main content

Menulis Feature

MENULIS FEATURE Apakah feature itu? Buku-buku pedoman penulisan jurnalistik secara konvensional pada umumnya mendefinisikan feature sebagai tulisan jurnalistik yang tak terikat waktu (timeless), yang tujuan utamanya adalah untuk “menghibur” pembaca setelah pembaca dibikin tegang oleh berita-berita keras (hard news).
FEATURES (karangan khas) Karangan khas adalah artikel atau laporan istimewa di koran atau majalah yang memberikan tekanan pada suatu aspek tertentu dari suatu obyek atau peristiwa, yang mempunyai bias emosional, pribadi atau humor, namun bukan berita akurat (Ismail Marahimin,1990). Karangan khas adalah sisi lain yang berada di luar berita langsung, di mana pegangan utama 5 W dan I H dapat diabaikan (Kinney,Mc 1978) Karangan khas pada dasarnya adalah berita lunak (soft news) tentang apa saja dapat diinvestigasi dan lebih mendalam (Doug Newsom & James A Wollert,1986). Feature, dalam konteks perkembangan teknologi informasi dan komunikasi sekarang ini, tampaknya harus merevisi tentang pengertian ‘timeless’ tersebut. Maksudnya : ada tulisan-tulisan feature yang terikat oleh waktu (timely). Jika anda mau menulis feature tentang seorang anak Irak yang hidup sebatang kara saat ini karena seluruh keluarganya terbunuh oleh serpihan rudal AS-Inggris, tentu factor waktu tak bisa diabaikan. Tentu, pengertian “timely” bersifat nisbi, dalam arti: anda tidak perlu menulis berita keras tentang terbunuhnya keluarga Irak tersebut. Di samping itu, meski teknologi berkembang demikian pesat, masih ada jenis feature yang “timeless”. Jika saat ini anda menulis kehidupan pemburu ikan paus di lingkungan masyarakat Flores Timur, anda bisa menulis dan memuat feature anda sepekan atau dua pekan setelah penulisan. Karena bisa dimuat sewaktu-waktu, tentu feature harus punya kekuatan tersendiri. Jika hardnews kekuatannya pada kecepatan, maka feature harus mengandalkan pada beberapa aspek seperti daya tarik obyek, gaya penyajian, pemilihan sudut pandang dan (tentu saja relevansi peristiwa, atau cantolan berita). Apa yang bisa dijadikan bahan penulisan feature: ampir semua aspek kehidupan bisa anda eksplorasi sebagai bahan penulisan feature. (Kantor berita Reuters mempunyai rubrik semacam :news feature, general feature, political feature). Jenis tulisan yang ada di majalah-majalah wanita seperti tulisan di rubrik mode, sosok, profil, dan pariwisata juga termasuk jenis tulisan feature. (MAKALAH PELATIHAN LPJA)
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar