--> Skip to main content

Pedoman Menulis Berita

Pedoman Praktis Menulis Berita Judul. Judul adalah identitas berita. Berita sehebat apa pun berita tanpa ada judul tidak ada artinya. Judul berita dilihat dari dua kepentingan. Pertama, bagi berita itu sendiri. Tanpa judul ia = anonim, tidak dikenal, tidak akan berbicara apa-apa. Ia tidak mampu memberi pesan, padahal dalam komunikasi salah satu intinya adalah pesan.
Kedua, bagi pembaca. Judul adalah pemicu daya tarik. Apakah berhasil membuat publik mau membaca beritanya atau tidak. Lima syarat judul yang baik: 5-7 kata, Rangkuman dari Lead Sound Bite ( kata-kata menyentak dan menarik perhatian seketika) Eye Catching (menarik mata) Kongkrit (jelas tidak berputar-putar) Contoh: RI ULTIMATUN MALAYSIA SOAL AMBALAT KAPOLRI NYATAKAN PERANG TERHADAP NARKOBA GARA-GARA PAKET GANJA VIJAI BERURUSAN DENGAN POLISI FORUM REKTOR: CEGAH PERGURUAN TINGGI JADI LADANG BISNIS Teras Berita/Lead Dalam pemahaman jurnalistik, teras berita adalah paragraf pertama yang memuat fakta/informasi terpenting dari keseluruhan uraian berita. Ada empat syarat, yakni: atraktif = harus mampu untuk membangkitkan perhatian pembaca. Lebih banyak menyentuh sisi psikologis pembacanya. introduktif = menjadi pengantar pokok persoalan yang dikupas dengan tegas dan jelas. Disini unsur 5W+1H sudah masuk. korelatif = kalimat di lead menjadi pembuka jalan bagi paragraf selanjutnya. kredibilitas = secara akademis/intelektual akan memperlihatkan tingkat pengetahuan, keahlian dan pengalaman yang dimiliki seorang jurnalis. (from Benny Siga Butarbutar)
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar