--> Skip to main content

Berbahasa Untuk Media Masa

BERBAHASA UNTUK MEDIA MASSA Bagaimana bisa ada bahasa ? Bagaimana seseorang melalui ucapan sederetan kata, berkata sesuatu, diucapkan atau ditulis, dapat menyampaikan sesuatu ? Adalah sesuatu yang luar biasa bahwa seseorang bisa memahami kalimat yang belum pernah dialami sebelumnya. Wittgenstein menemukan solusinya pada pemikiran tentang kalimat dan realitas.
Kalimat yang berkata sesuatu (preposisi) seharusnya adalah kalimat yang menunjukkan “potret realitas “ atau potret logika. Di dalam potret rea;lityas ini,. Kata adalah substitusi dari obyek sederhana. Dan selanjutnya cara kata bergabung di dalam kalimat harus mendcerminkan cara benda bertautan di dalam realitas. Menurut pemikiran ini, semua kalimat yang memiliki arti seharusnya dapat dianalisis kE dalam kalimat dasar sederhana yang ‘memotret” fakta sederhana di dunia. Dengan demikian, kalimat itu menunjukkan suatu situasi di dunia. Bahasa yang lengkap akan cukup mengeksprEsikan setiap kebenaran yang mungkin tentang dunia. Adalah tugas para penullis untuk memastikan dari kemungkinan benar itu adalah sungguh-sungguh benar. Dalam konteks ini, menurut pemikiran Wittgenstein, bahwa manusia adalah ukuran segala sesuatu. Ini artinya, manusia sendiri dengan bahasanya adalah batas dari pemikiran manusia. Dari pemikiran ini, tampak kalimat bahasa dapat dipahami oleh orang lain apabila kalimat itu merupakan potret realitas di dunia yang disampaikan dalam format logika. Makin jelas potret itu bagi pendnegar atau pembacanya, maka makin paham pula merteka akan kalimat yang diucapkan oleh pembicara atau yang ditulis oleh penulis Ketrampilan menulis memerlukan latihan yang cukup banyak serta perhatian yang cukup besar terhadap logika yang dianut bersama antara penulis dan pembaca, Dengan kata lain, sebuah tulisan baru dapat dipahami jika antara penulis dan pembaca mempunyai skemata yang sama. HAPPY WRITING (Makalah Penulisan LPJA)
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar