--> Skip to main content

Pengertian Geografi Menurut Para Ahli

Pengertian Geografi Secara Umum

Secara etimologis, istilah “geografi” berasal dari bahasa Yunani, yaitu kata “geo” yang artinyai bumi, dan “graphien” yang artinya pencitraan. Sehingga geografi dapat didefinisikan sebagai ilmu pengetahuan yang menggambarkan segala sesuatu yang ada di permukaan bumi.

Agar kita dapat lebih memahami tentang pengertian geografi, maka kita dapat merujuk pada pandangan beberapa ahli berikut ini:

Definisi Geografi menurut Mustofa Bisri

Mustofa Bisri berpendapat bahwa, pengertian geografi adalah suatu ilmu yang menguraikan tentang permukaan bumi, iklim, penduduk, flora dan fauna, serta basil-basil yang terdapat di bumi.
Definisi Geografi menurut Herioso Setiyono

Herioso Setiyono berpendapat bahwa, pengertian geografi adalah suatu ilmu yang mempelajari mengenai hubungan timbal balik antara manusia dengan lingkungannya serta merujuk terhadap pola persebaran horisontal di permukaan bumi.

Definisi Geografi menurut Claudius Ptolomaeus

Claudius Ptolomaeus berpendapat bahwa definisi geografi adalah penyajian suatu melalui peta dari sebagian dan/atau seluruh permukaan bumi.

Definisi Geografi menurut Preston E. James

Preston E. James berpendapat bahwa definisi geografi merupakan induk dari segala ilmu pengetahuan, hal ini karena bidang ilmu pengetahuan selalu di mulai dari keadaan muka bumi yang kemudian beralih pada studi ilmu pengetahuan masing-masing.

Definisi Geografi menurut Frank Debenham

Frank Debenham berpendapat bahwa pengertian geografi ialah ilmu yang bertugas untuk mengadakan penafsiran mengenai persebaran fakta, menemukan hubungan di antara kehidupan manusia dengan lingkungan fisik, serta menjelaskan kekuatan interaksi antara manusia dan alam.

Definisi Geografi menurut Ikatan Geografi Indonesia (IGI)

IGI mendefinisikan geografi sebagai suatu ilmu yang mempelajari persamaan dan perbedaan fenomena geosfer dengan sudut pandang kewilayahan, dan lingkungan dalam konteks keruangan.
Newest Post
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar