--> Skip to main content

MEDIA MASSA DAN MASYARAKAT MASSA

Istilah media massa sering digunakan pada alat teknik melalui apa komunikasi massa terjadi. Dalam sudut pandang ini media massa dapat meliputi :

1) media cetak –surat kabar, majalah, buku, pamphlet, billboards dan alat teknk lainnya yang membawa pesan kepada massa dengan cara menyentuh indra penglihatan.

(2) media elektronik seperti program radio dan rekaman yang menyentuh indra pendengaran dan program televisi, gambar bergerak dan rekaman video yang menyentuh kedua indra pendengaran dan penglihatan. (Reed H Blake, 1979:42).

Artinya sebuah media massa dapat dirumuskan sebagai alat yang bekerja dalam salah satu dari tiga tingkat berkaitan dengan pengaruhnya pada masyarakat massa. Misalnya di Amerika pada tingkat pertama ada empat media massa utama Yaitu surat kabar, majalah, radio dan televisi. Pada tingkat kedua atau menengah adalah buku dan film.

Kedua media ini dulu pernah menjadi kekuatan utama bagi masyarakat Amerika. Pada tingkat Ketiga atau terendah adalah media lainnya seperti billboard, barang cetakan lainnya dan sejenisnya. Perbedaan media massa dengan media yang terbatas bukanlah pada alat itu sendiri tetapi justru pada cara penggunaan alat itu. Dan untuk dapat digologkan sebagai media massa, sebuah alat tidak hanya mampu memberikan kemungkinan komunikasi melalui suatu alat mekanik , menciptakan suatu hubungan yang dekat antara komunikator dengan audiensnya tetapi juga harus benar-benar digunakan untuk berkomunikasi dari sebuah sumber tunggal kepada sejumlah besar orang (massa). Jadi menurut Reed (1979) sebuah film yang diputar di rumah bukanlah suatu media massa. Menurut Wilbur Schraam (1955) media adalah suatu gejala social yang relative hanya berusia beberapa ratus tahun saja.

Kehadiran media massa menuntut dua perkembangan

1) kemajuan teknologi untuk menghasilkan peralatan yang dibutuhkan dan

2) tuntutan tingkat pendidikan di antara sejumlah besar orang yang akan menggunakan penyebaran informasinya.

Media massa bergantung sepenuhnya pada dan mempengaruhi,tingkat pendidikan dan pengetahuan manusia. Lebih jauh dalam batas waktu yang lama selera manusia pada semua media massa tampaknya . meningkat bersamaan dengan meningkatnya pendidikan. MASYARAKAT MASSA Masyarakat massa adalah masyarakat yang terbentuk dari hasil polesan industry yang sudah meraksasa. Awal pertumbuhan kebudayaan massa berkaitan erat dengan pertumbuhan demokrasi politik dan pendidikan yang dipandang telah menumbangkan monopoli kelas terhadap kebudayaan.

Dengan demikian kebudayaan massa telah menjadi kekuatan yang dinamis dan revolusioner dalam meruntuhkan batas-batas kelas, tradisi, cita rasa dan ia pun telah melarutkan semua perbedaan budaya. Dalam perkembangan lebih lanjut, industrialisasi tidak hanya memungkinkan proses massifikasi yang menuntut standardisasi produk budaya dan homogenisasi cita rasa , tetapi juga ia telah membawa perkembangan baru dengan semakin terbentangnya peluang pasar. Inilah yang menandai komersialisasi atas produk budaya.

Dengan komersialisasi produk budaya massa berubah seirama dengan percepatan tuntutan komersial atau pasar. Maka Massa pun berubah menjadi tempat pemasaran produk budaya dan sasaran berondongan iklan. Jadi masyarakat massa adalah suatu katagori masyarakat industrial. Sementara budaya massa mewakili korelasi budaya dari masyarakat massa dan media massa. Budaya massa dibedakanberdasarkan standar produksi massa dan pemasarannya. Dan media massa merupakan basis bagi apa yang disebut sebagai ‘industri kebudayaan’.

Kaitan Media Massa, Masyarakat Massa dan Budaya Massa Keberhasilan Industri kebudayaan amat tergantung pada media massa. Sebab media massa telah tumbuh menjadi industry yang tidak hanya memenuhi kebutuhan masyarakat akan Informasi tetapi mengikuti standar dan logika yang hidup dalam industry budaya kapitalisme. Ia tidak hanya memoles produk budaya tetapi media massa dengan produk budayanya lantas juga mengkonstruksi selera, cita rasa dan bawah sadar khalayak. Dan sebagai output media yang penting adalah kebudayaan Pop.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar