--> Skip to main content

GLOSSARY BERGER & LUCKMAN

Berger,peter.L dan Luckman, Thomas, the social construction of reality: a treatise it’s the sociology of knowledge,Anchor books, New york,1966 Knowledgekepastian bahwa fenomena itu nyata dan bahwa mereka memiliki karakteristik khusus. (hal. 1). "Pengetahuan akal sehat adalah pengetahuan yang saya bagikan dengan orang lain dalam rutinitas kehidupan sehari-hari yang normal dan terbukti dengan sendirinya" (hlm. 23).
 Makna obyektif dari aktivitas kelembagaan dipahami sebagai "pengetahuan" dan ditransmisikan sebagai "(hal. 70). Lihat juga hal.65-66. Sosiologi Pengetahuan: "... berkaitan dengan analisis konstruksi sosial realitas". (hal. 3) “Bagaimana mungkin makna subjektif menjadi fakta objektif? Bagaimana mungkin kegiatan subyektif menghasilkan dunia? Pemahaman yang memadai tentang 'realitas sui generis' masyarakat membutuhkan penyelidikan ke dalam cara di mana realitas ini dibangun. Pertanyaan ini, menurut kami, adalah tugas sosiologi pengetahuan. (hal. 18)Realitas: “Suatu kualitas yang memenuhi fenomena yang kita kenali sebagai memiliki kemandirian atas kemauan kita sendiri (kita tidak dapat“ berharap mereka pergi ”). (hal. 1) Lingkup realitas yang berbeda: “Objek berbeda menghadirkan diri pada kesadaran sebagai konstituen dari ruang realitas yang berbeda…. Saya memperhatikannya dengan cara yang berbeda. Kesadaran saya, kemudian, mampu bergerak melalui bidang realitas yang berbeda. Dengan kata lain, saya sadar dunia terdiri dari banyak realitas. Ketika saya berpindah dari satu realitas ke realitas lain, saya mengalami transisi sebagai semacam kejutan. Guncangan ini harus dipahami karena disebabkan oleh pergeseran perhatian yang diperlukan oleh transisi. Bangun dari mimpi menggambarkan pergeseran ini paling sederhana .... (hlm. 21).Realitas kehidupan sehari-hari: "Menghadirkan dirinya sebagai realitas par excellence"; "Dunia intersubjektif, dunia yang saya bagikan dengan orang lain," (hal.23) yang merupakan "realitas tertib" yang "tampaknya telah diobyektifikasi." (Hal.21) Saya sadar. Saya sendirian di dunia impian saya, tetapi saya tahu bahwa dunia kehidupan sehari-hari adalah nyata bagi orang lain seperti halnya bagi diri saya sendiri .... Saya tahu bahwa ada korespondensi yang berkelanjutan antara makna saya dan artinya di dunia ini, bahwa kami berbagi akal sehat tentang realitasnya ”. (hal. 23). Hubungan dialektismanusia dan dunia sosial: "Manusia ... dan dunia sosialnya berinteraksi satu sama lain. Produk bertindak kembali pada produsen. Eksternalisasi dan objektivasi adalah momen dalam proses dialektika yang berkelanjutan. Momen ketiga dalam proses ini adalah internalisasi .... Masyarakat adalah produk manusia. Masyarakat adalah realitas objektif. Manusia adalah produk sosial. "(Hal.61)
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar