--> Skip to main content

BAHASA TUBUH KITA TAK BISA BERDUSTA

Kontak Mata. Kontak mata mempunyai pengaruh kuat terhadap lawan bicara, yaitu bisa menjadi indikator apakah seseorang tersebut sedang berbohong atau tidak, sedang butuh pertolongan atau tidak, sedang bercanda atau tidak dan lain-lainnya. Akan tetapi, perlu diperhatikan juga, di beberapa tempat tertentu, kontak mata sering diartikan bahwa Anda tengah menantang atau memberikan penghinaan. Karena itu, perbedaan budaya dalam suatu lingkungan layak Anda perhatikan.
Gerak Isyarat. Gerak Isyarat bisa memberi penekanan arti pada pembicaraan yang tengah berlangsung. Seperti mengetuk jari-jari ke meja sering diartikan sebagai indikator timbulnya rasa bosan, menyatukan jari menandakan rasa tertarik, ketegasan dan keingintahuan, menggaruk-garuk hidung adalah respon suatu ketidaknyamanan atau ketidakpercayaan dll. Postur Tubuh. Postur tubuh dapat memberikan informasi penting kepada lawan bicara. Apabila postur tubuh lawan bicara Anda condong ke arah Anda, itu artinya ia tertarik terhadap apa yang Anda bicarakan, sebaliknya jika ia menyandarkan tubuhnya menandakan ketidaktertarikan atau bahkan penolakan. Begitu pula dalam berjabat tangan, cengkeraman yang erat menandakan Anda adalah orang yang tegas atau jujur. Namun sebaliknya, jika terlalu erat, pesan yang sampai adalah sikap menantang dan terlalu percaya diri. Tangan yang dilipat ke dada atau menyilangkan kaki, memberikan arti lawan bicara tidak ingin diganggu dan juga mengirim pesan bahwa Anda belum mendapatkan kepercayaannya. Postur tubuh terbuka, seperti lengan yang dibiarkan berada di sisi badan, mengirim pesan ke lawan bicara bahwa Anda adalah pribadi yang ramah dan terbuka untuk menerima pendapat apapun. Bersamaan dengan itu gerak kepalapun bisa menyampaikan pesan pada lawan bicara. Gerak kepala yang miring ke ke sisi kiri atau kanan, menandakan rasa ketertarikan. Kepala yang menunduk menandakan kurangnya kepercayaan dari lawan bicara kepada Anda.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar