--> Skip to main content

CONTRADICTIONS OF CAPITALISM

Kontradiksi Kapitalisme

Istilah ini dikaitkan dengan Karl Marx (1818-1883) yang mengklaim bahwa masyarakat kapitalis menderita dua masalah yang tidak terselesaikan yang akan mencegah keharmonisan sosial dan kehidupan ekonomi yang stabil. Pertama, Marx berasumsi bahwa proses persaingan masyarakat pasar kapitalis akan mengarah pada konsentrasi kepemilikan modal di tangan yang semakin sedikit.

Marx membangun klaim ini berdasarkan asumsi, yang ia anggap sama dengan ekonomi laissez faire, bahwa ekonomi yang kompetitif harus mengarah pada penghilangan beberapa produsen oleh yang lain, harus ada pemenang dan pecundang dan pemenang akan semakin besar. Kapitalisme, Marx berpendapat, bertentangan dengan asumsi umum ekonomi laissez faire, memiliki kecenderungan yang melekat pada konsentrasi modal dalam oligopoli dan monopoli. Konsentrasi modal yang terlibat, pertama-tama, perpindahan pekerja tangan dan pekerja kerajinan tangan dan meningkatnya dominasi teknologi berbasis pabrik.

Proletariat industri pekerja upah muncul, dan tumbuh lebih besar, ketika produsen independen dihilangkan oleh persaingan berbasis pabrik. Korporasi kapitalis tumbuh lebih terkonsentrasi dan lebih besar, jumlah individu yang memiliki alat produksi menjadi lebih sedikit. Struktur kelas menjadi terpolarisasi dan kondisi ekonomi dan sosial dari dua kelas utama yang berseberangan lebih kuat, mengarah pada aktivasi politik kelas pekerja dan konflik berkepanjangan dengan kelas borjuis dominan melalui organisasi politik dan industri. Perkembangan polarisasi sosial inilah yang memberikan kontradiksi sosial atau relasional masyarakat kapitalis yang tidak terpecahkan.

Organisasi sosial masyarakat kapitalis juga menghadirkan kontradiksi struktural yang melekat dalam dinamika ekonomi kapitalisme. Sementara kapitalisme merevolusi alat-alat produksi dengan mempromosikan perkembangan ekonomi terbesar dalam sejarah manusia, struktur kelasnya memfokuskan kapasitas untuk mengkonsumsi dalam minoritas kecil populasi. Skala produksi sosial massa tidak dapat tetap sesuai dengan konsentrasi kekayaan di tangan yang semakin sedikit.

Akibatnya, harus ada ketidakstabilan yang melekat, atau anarki, dalam keseluruhan sistem produksi kapitalis. Efek sosial dari ketidakstabilan tersebut pada gilirannya harus mengintensifkan perjuangan politik kelas sosial yang mempercepat acara.

Sumber:(http://bitbucket.athabascau.ca) Online Dictionary of the Social Sciences of socialist revolution
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar